Dec 14, 2013

Time Travel? Jangan Lupa Bawa Wormhole



Konsep mesin waktu biasanya menciptakan bayangan dari perangkat yang masuk akal digunakan dalam banyak alur cerita fiksi ilmiah. Namun menurut teori umum Albert Einstein tentang relativitas , yang menjelaskan bagaimana gravitasi bekerja di alam semesta , perjalanan nyata antar waktu bukan hanya fantasi yang samar-samar.

Apakah time-travel memungkinkan ?
Perjalanan ke masa depan adalah kemungkinan yang bukan kontroversial, menurut teori Einstein. Bahkan, fisikawan telah mampu mengirim partikel kecil yang disebut  muon, yang mirip dengan elektron, maju dalam waktu dengan memanipulasi gravitasi di sekitar mereka. Bukan berarti teknologi untuk mengirimkan manusia 100 tahun ke depan akan tersedia dalam waktu dekat.

Apakah Time Travel memungkinkan?

Time travel ke masa lalu, bagaimanapun masih kurang dipahami. Namun, astrofisikawan Eric W. Davis, dari EarthTech International Institute for Advanced Studi di Austin , berpendapat bahwa itu mungkin. Yang Anda butuhkan, katanya, adalah lubang cacing (wormhole), yang merupakan lorong teoritis melalui ruang - waktu yang diprediksi oleh relativitas.

" Anda bisa pergi ke masa depan atau ke masa lalu dengan menggunakan lubang cacing
yang bisa dipakai, " kata Davis.

Dimana Wormhole saya?

Lubang cacing tidak pernah terbukti ada, dan jika mereka pernah ditemukan, mereka cenderung sangat kecil
. Seseorang tidak bisa muat di dalam, apalagi sebuah pesawat ruang angkasa .

Meski begitu,
makalah Davis, yang diterbitkan pada bulan Juli dalam jurnal American Institute of Aeronautics dan Astronautics, menyebutkan time machines dan kemungkinan bahwa lubang cacing bisa menjadi, atau digunakan sebagai sarana untuk bepergianke masa lampau .

Kedua teori relativitas umum dan teori kuantum muncul untuk menawarkan beberapa kemungkinan untuk bepergian sepanjang apa yang fisikawan sebut "closed, timelike curve,"  atau jalan yang memotong melalui ruang dan waktu - pada dasarnya sebuah mesin waktu.

Davis mengatakan, pemahaman terbaru ilmuwan dari hukum fisika " yang penuh dengan mesin waktu dimana ada banyak solusi geometri ruang-waktu yang menunjukkan perjalanan waktu dan / atau memiliki sifat-sifat mesin waktu."

Sebuah lubang cacing akan memungkinkan kapal, misalnya, untuk perjalanan dari satu titik ke titik lain lebih cepat dari
kecepatan cahaya. Itu karena kapal akan tiba di tempat tujuan lebih cepat dari seberkas cahaya, dengan mengambil jalan pintas ruang-waktu melalui lubang cacing. Dengan begitu, kendaraan tidak benar-benar melanggar aturan yang disebut batas kecepatan yang universal - kecepatan cahaya - karena kapal tidak pernah benar-benar berada pada kecepatan lebih cepat dari cahaya .

Secara teoritis , lubang cacing dapat digunakan untuk memotong bukan hanya ruang, tetapi waktu juga.

"Mesin Waktu tidak dapat dihindari dalam dimensi fisik ruang-waktu kita, " tulis David dalam makalahnya . " Traversable wormhole menyiratkan mesin waktu, dan (prediksi lubang cacing ) melahirkan sejumlah tindakan lanjut pada upaya penelitian tentang mesin waktu."
Namun, Davis menambahkan, mengubah lubang cacing ke mesin waktu tidak akan mudah . " Ini akan membutuhkan Hercules untuk mengubah lubang cacing ke mesin waktu . Akan cukup sulit untuk menarik lubang cacing , "

Itu karena sekali lubang cacing yang tercipta, satu atau kedua ujung itu akan perlu dipercepat melalui waktu ke posisi yang diinginkan, sesuai dengan teori relativitas umum.

No comments:

Post a Comment