Aug 25, 2013

Kebun Binatang Di Hotel

Di Hindia-Belanda, pemilik hotel  dan tamunya berhubungan lebih  akrab daripada di Eropa. Mereka berlaku semacam orang tua dan teman yang menjamin ketenangan dan kenyamanan di penginapan itu.
Nyonya rumah merupakan sumbu di hotel itu. Bila ia pintar mengatur organisasi hotel, suaminya dapat memusatkan perhatian pada seluk–beluk administrasi. Pemilik hotel adalah orang yang dapat menjawab segala pertanyaan tamunya. Ia mengetahui rute paling pendek, bagus dan praktis ke arah mana pun. Ia menyimpan jadwal kedatangan dan keberangkatan semua kapal di kepalanya dan  mengatasi  segala kesulitan  yang di hadapi tamunya.
Tuan rumah itu juga mengurus kuda-kuda dan kereta-kereta milik hotel. Di Hindia-Belanda , hampir semua hotel memiliki beberapa ekor kuda dan kereta atau bendi. Istal kuda seperti itu menambah penghasilan hotel. Matahari terik di negeri tropis membuat setiap orang malas berjalan kaki. Hampir semua orang lebih suka menunggang kuda atau menumpang kereta kuda. Sewa kuda atau bendi tidaklah terlalu mahal.
Lucunya, hampir setiap kandang kuda sebuah hotel di Hindia-Belanda dijaga oleh seekor monyet. Entah mengapa, banyak monyet penjaga kuda itu di beri nama kees. Monyet-monyet itu terikat oleh rantai.  Binatang itu rupanya cocok bersahabat dengan kuda. Ia juga dengan sigap menyerang setiap ayam yang mencoba mematuk butir-butir gandum yang di sebarkan untuk makanan kuda.

No comments:

Post a Comment