Aug 13, 2013

Apakah Fosfat/ Phospate Berguna atau Berbahaya?

fosfor/Phosphorus adalah nutrisi esensial untuk kehidupan di bumi. Tumbuhan membutuhkan fosfor bersama nutrisi lain untuk tumbuh. Fosfor juga komponen tulang dan gigi. Tambahan fosfor dikeluarkan/dieksresikan dari tubuh. sehingga  fosfor terdapat di kotoran manusia. 
Karena fosfor membantu pertumbuhan tumbuhan maka fosfor menjadi pupuk terbaik (fosfat adalah senyawa yang mengandung fosfor). Fosfat digunakan sebagai zat aditif makanan, komponen obat-obatan juga bagian yang penting dalam sabun pencuci dan deterjen. Contohnya, sodium tripolyphosphate (STPP) berfungsi sebagai pelunak air, mengangkat kotoran hingga bercampur dengan air dan membuat kotoran berada didalamnya (sistem koloid). Sebelum tahun 70an, STPP komponen utama di setiap deterjen.
Fosfat menyebabkan masalah pada tahun 60an, masyarakat sekitar danau Erie menyadari bahwa lapisan alga yang tebal tumbuh memenuhi permukaan air. Sebagian besar alga terbawa ke laut, membuat laut tidak lagi bisa di pakai untuk berenang. Air di danau terlihat hijau dan berbau. Dengan berjalannya waktu, ikan-ikan berkurang. Tahun 1969, diketahui bahwa fosfat dan nutrisi lainnya memasuki danau membuat alga tumbuh cepat.  Alga yang mati dan membusuk menggunakan oksigen terlarut/dissolved oxygen di air sehingga ikat dan mahluk air alinnya yang membutuhkan oksigen banyak mati.


Polusi fosfat masuk ke danau melalui tiga sumber: limbah cair yang berisi deterjen, kotoran, dan kelebihan pupuk dari pertanian.

Untuk itu direkomendasikan mengurangi kandungan fosfat pada deterjen, mengeluarkan fosfat dari pengelohan limbah sebelum dilepas ke danau. Produsen deterjen keberatan dengan pengurangan fosfat karena akan membuat deterjen menjadi kurang efektif juga membutuhkan biaya yang tinggi untuk mencari pengganti fosfat. Setelah mendapat tekanan dari pemerintah, perusahaan deterjen mengurangi kandungan fosfat dalam produk mereka sekitar 90%. Kota di danau Erie menghabiskan jutaan dollar untuk mengeluarkan fosfor dari pengelolaan limbah. Sekarang danau Erie sudah pulih kembali.
@Chemistry 11

No comments:

Post a Comment