Jul 28, 2014

Ilmuwan Mengambil Langkah Besar dalam Penemuan Vaksin Universal




Virus influenza mempunyai kemampuan terus menerus berubah sehingga vaksin flu musiman menjadi tidak berguna dan mengakibatkan  perlunya vaksin yang baru setiap tahun. Sebuah tim di Imperial College London mengatakan mereka telah membuat "cetak biru" untuk vaksin flu universal. Para ilmuwan mengatakan mereka telah membuat lompatan signifikan menuju pembuatan vaksin yang akan melindungi dari segala bentuk flu. Penemuan mereka dipublikasikan dalam  journal Nature Medicine.
Influenza dapat mengubah protein yang menonjol keluar dari pada permukaan virus sama mudahnya seperti orang berganti pakaian. Namun,  materi di dalamnya ini sama untuk banyak strain flu. Peneliti vaksin percaya dengan menargetkan inti virus mungkin salah satu cara untuk mengembangkan vaksin universal. Sebuah bagian tertentu dari sistem kekebalan tubuh, yang disebut T-sel, dianggap mampu mengenali protein dalam inti. Sebuah tim di Imperial menggunakan 2009 pandemi flu babi untuk menguji teori.
Flu babi/swine Flu adalah virus baru dari campuran burung dan flu babi.Kulit terluar mungkin tidak dikenali oleh sistem kekebalan tubuh, tetapi inti dikenali karena relative sama dengan virus flu lainnya. Tim ini membandingkan tingkat  T-sel pada awal pandemi dengan gejala flu pada 342 staf dan mahasiswa di universitas. Mereka menunjukkan bahwa pasien yang  memiliki kadar T-sel semakin tinggi, lebih ringan gejala mereka.  Peneliti kemudian merangsang bagian tertentu dari sistem kekebalan tubuh yang berperan dalam beberapa perlindungan pandemi flu dan bagian manakah dari virus yang diserangnya.  Prof Ajit Lalvani, yang memimpin penelitian, mengatakan kepada BBC: "Ini adalah cetak biru untuk vaksin. Kita tahu subkelompok yang tepat dari sistem kekebalan tubuh dan kami telah mengidentifikasi fragmen kunci dalam inti internal virus. Semua ini harus dimasukkan dalam vaksin. Sebenarnya, kasus ini  sekitar lima tahun [dari vaksin]. Kami mengetahui bagaimana, apa yang diperlukan di vaksin dan kita hanya bisa mendapatkan dan melakukannya."
Hal ini akan menjadi pendekatan yang berbeda dibandingkan dengan bentuk lain dari vaksinasi, misalnya MMR jab. Hal ini memicu sistem kekebalan tubuh untuk memproduksi antibodi yang dapat menyerang penyerang. Hasilnya bisa sangat besar. Flu musiman menyebabkan tewasnya antara 250.000 dan 500.000 orang setiap tahun dan pandemi baru memiliki potensi untuk membuat dokter terkejut dan membunuh banyak orang.
Namun para peneliti mengakui hal itu "umumnya lebih sulit" untuk mengembangkan vaksin sel-T daripada memprovokasi respon antibodi. Tantangannya adalah untuk mendapatkan respon sel-T cukup besar untuk melindungi dan merespon yang akan berlangsung. Prof John Oxford, dari Queen Mary University of London, mengatakan: "efek semacam ini tidak dapat sekuat itu  atau kita tidak akan pernah memiliki pandemi. Hal ini tidak akan memecahkan semua masalah influenza, tapi bisa menambah jangkauan vaksin. Ini akan menjadi perjalanan panjang dari beberapa makalah menerjemahkannya ke dalam vaksin yang bekerja."
Prof Sarah Gilbert, yang sedang mengembangkan vaksin flu yang universal di Jenner Institute di Oxford, mengatakan: "vaksin influenza diberikan dengan  menyemprotkan ke hidung dan akan digunakan pada anak-anak di Inggris dari musim gugur ini jauh lebih baik untuk meningkatkan jumlah sel-sel T-influenza tertentu, tetapi vaksin ini hanya bekerja di anak-anak yang belum banyak terpapar virus influenza, jadi kita perlu pendekatan alternatif untuk orang dewasa. Publikasi baru berisi informasi tentang karakteristik yang tepat dari sel T-influenza tertentu yang protektif, dan informasi ini akan berguna dalam memantau respon kekebalan terhadap vaksinasi ketika menguji vaksin influenza baru yang dirancang untuk memberikan perlindungan terhadap pandemi serta virus influenza musiman."

No comments:

Post a Comment