Sep 9, 2013

Cool, Calm n Confidence



Kalau lagi bengong2, tidak ada yang mesti dikerjakan lagi, saya suka bertanya2 sampai kapan berkhianat seperti ini. Cita-cita saya bukan menjadi guru tapi astronot atau tukang masak (chef). Karena itulah sedari kecil saya suka matematika dan science kalau bisa setiap hari  ada pelajaran matematika dan science. Tapi malah saya pilih kimia. Kenapa akhirnya malah menjadi guru karena interview aneh saat penerimaan pegawai untuk penelitian roket (kalau gak bisa jadi astronotnya, sehari2 ketemu roket pun lebih dari cukup). Awalnya interview yang 90% pake bahasa inggris itu cuma seputaran kampus dan sekolah (mungkin karena fresh graduated). 
Ujung2nya menjadi nasehat perkawinan karena menurut bapak itu saya harusnya ambil job yang wajar buat perempuan bukan pekerjaan yang katanya jauh di pedalaman, dikirim pula ke ujung Indo, buat hidup saja susah apalagi buat nikah. Setelah menyesalkan pilihan saya tadi dan berpanjang lebar merinci bahwa pekerjaan itu nantinya tidak layak untuk perempuan, tiba2 beliau bilang sambil membaca CV saya: kamu pernah mengajar kan? Kenapa gak jadi guru aja, menikah dan berkeluarga?
   
 Tapi sebenarnya saya bukan guru, cuma pengajar yang mengajarkan matematika, kadang fisika, kimia atau apapunlah semau2nya.  Karena itulah saya tidak pernah membiasakan panggilan ibu pada siswa, panggilan buat saya hasil consensus kelas lha wong kita pakai system demokrasi kan ya yang sebenarnya prosesnya menyedihkan. Klo ada anak yg panggil ibu yang lain pasti komentar: emang dia udah tua? elo panggil ibu, atau panggil ummi langsung disinisin: sok akrab banget, pengen banget jadi ummi lo… cuma anak yg bermental petarung yang balik jawab: masalah buat eloo?‼
 Hingga suatu kali saya mengajar di sekolah SMA yang bagus, dapat kelas yang favorit pula. Siswa terpintar di sekolah itu adalah siswa yang terbanyak absennya. Bahkan di pelajaran saya (matematika yang paling banyak jam untuk anak IPA apalagi kelas 3), saya cuma bertemu beberapa kali dengan dia. Mungkin karena dia dari keluarga yang tidak berada, yang lebih banyak membantu orangtua daripada sekolah. Kalau masuk pun cuma bawa tas kecil yang tipis dan yang dia lakukan di kelas cuma diam dengan gaya cool, melihat saya yang sedang menerangkan sambil senyum2 (jiah kalo saya 17 tahun pasti jadi salah tingkah) dan tidak pernah mencatat!
Satu hari saya lupa cara mengerjakan soal integral (setiap orang yang mengenal kalkulus pasti tahu betapa kejamnya dia. Kalau salah langkah sedikit saja, jadinya berputar2 hingga satu halaman A4). Semakin berusaha mengingat semakin nervous jadinya sampai2 mulas luar biasa persis penderita diarrhea.  Sambil meremas perut dengan wajah yang pasti pucat pasi saya bilang: kita break dulu ya, salah makan kali ni, ato ada yang bisa mengerjakan soalnya? Semua diam bikin bulir keringat saya sebesar biji jagung. Tiba2 siswa terpintar tadi maju kedepan, mengerjakan soal tersebut dengan 3 samadengan, jawaban yang bikin saya shock, melongo kayak orang dongo: wuihh betul! Jago banget‼ dan dia ketawa. Sejak saat itu saya bisa membedakan antara cerdas dengan genius. 
Salah satu akibat menjadi guru adalah kembali jadi ABG, jadi tempat curhat. Curhatnya gak jauh2 dari cinta. Pertanyaan mereka aneh pula :‘kak, si X dah punya cowok gak? (loh mana saya tahu). ‘kak si Y suka saya gak sih? (saya mirip dukun kali ya), kakak dah punya pacar? Yang teraneh itu  ada di kelas yang perempuannya gak mau belajar, autis, auranya nantangin saya sedang yg laki2 semangat, nanya2 terus. Ujung2nya beberapa siswi yg akan masuk Universitas itu minta bicara 4 mata (yeelah 4 mata tapi rame2 yak)
X: kak serius nih dgn muka serius ( saya cengengesan kok mereka bisa antusias ya sama saya)
Y: kakak pacaran sama pak--- ya? (nah kan saya jadi ngikik)
N: serius nih kak, jangan ketawa! Yang lain juga pasang muka gak sabar persis preman ( yaelah seumur hidup belum ada orang yang berani nge-bully saya apalagi masalah cowok.. tragis amat yak di bully murid sendiri)
Saya: yaaa ammpyuunn gak mungkin lah (dengan gaya super lebay) tapi gak ada yang percaya.. malah saya disuruh ngaku.
X: jangan becanda kak, kita serius nih! Pak---itu inceran bersama (asli hampir ngikik)
Saya: kalo pacar kakak tahu kalian bikin gossip yang enggak2 bisa2 dia langsung balik dari Amerika. Catat ya pacar kakak bule! Gak mungkin lah pacaran sama ---
Tapi gak ada yang percaya: jangan bohong kak, yang lain bilang kok, kalau kakak pacaran.
Saya: saya sih gak suka --- tapi kalo dia suka saya gimana dong? Kan saya gak ngeh juga. Yang suka sama saya banyak… ( dengan ekspresi lebay kayak artis sinetron bikin yang lain speechless pengen muntah & cengar cengir)
Gak salah klo cinta/suka sampai kayak orang gila, tapi kesalahan besar kalo nge-bully orang narsis, apalagi percaya pada omongannya. Sejak saat itu saya menjadi sadar bahwa orang yang harus saya jauhi bukanlah manusia yang kena HIV tapi yang lagi jatuh cinta atau patah hati, HORROR!

Sejak saya mengajar SD pula saya menjadi lebih cantik dan modis…
X: kakak pasti orang India
saya: emang iya?
X: iyalah tuh ada bindi di jidat kakak
Saya manyun (mentang2 jerawat di jidat lagi gede2nya dan merah)
Dan karakter saya tetep sama di papan tulis: kartun perempuan berjilbab panjang pake pita, truss pipi berbintik2 (aihh candy2 versi abad 21)
Q: kaka bibirnya kenapa?
Saya: panas dalam jadi pecah2
Q: kirain ke salon bibirnya jadi keriting (akhirnya saya jadi rajin pake zaitun)
Dan anak2 SD itu paling ngeh fashion….
W: kakak pake kerudung yang kayak kemarin dong… cantik deh kayak orang arab
Z: kalau aku bilang sih kayak boneka Barbie (jiaaahhh pinter kan mujinya)
W sewot: Mana ada Barbie pake kerudung!
Z lebih sewot lagi: pakein lah!
 Guru itu harus jago ngeles apalagi untuk saya yang kadang2 otak error. Karena tiba2 di kelas saya bisa lupa. Main tebak2an dikelas atau nyuruh mereka Tanya sama bibi google. Kadang2 saya gak bisa menghitung biarpun pakai kalkulator bahkan gak kenal angka.
Saya: A maju kedepan.
A: kok saya kak?
Saya: kamu kan cowok, mana cowok yang gak bisa ngitung? tuh tinggal dikali doang.
Apalagi klo fisika, saya sering amnesia rumus2nya ( I don’t know, fisika tanpa rumus ibarat laut tanpa garam kali ya)  klo udah kayak gitu saya jadi tegang, resah dan gelisah, main tebak2an di kelas, ato main logika apapunlah yang penting anak2 paham… pas bel berbunyi saya langsung keluar. Anak2 protes teriak2: belajar lagi, belum selesai! Sejak saat itu saya tahu bahwa ternyata fisika itu disukai asalkannnn gak pake rumus!
Bagi saya guru itu mirip pesulap, jadi dia harus bisa bikin murid2nya bengong, melongo selongo2nya: wooh gitu doang kak? Cuma segitu doang?!
Saya: yah kamu panjangin deh saya lagi malas (dengan gaya sok cool)
Gak kak saya pake ini aja. Canggih ye.
Atau kalo gak ngerjain perhitungan matematis dalam 5 detik…. Aihh saya emang suka pamer kayaknya… matematika, fisika, kimia itu sebenarnya gampang. Ujiannya gak ada apa2nya dibandingin ujian hidup! Coba tunjuk tangan siapa yang pernah nangis waktu ngerjain ujian matematika, kimia, fisika? Nah siapa gak pernah nangis menghadapi hidup?
Guru itu ditiru maka bersikaplah sebaik mungkin
H: ih kakak pake lipbalm biar sexy ye bibirnya
Saya cengengesan doang, gara2 anak SD bilang bibir saya keriting abis nyalon terpaksa pake zaitun over dosis.
Besoknya H datang dengan bibir yang lebih basah lagi dari saya: saya syok berat ngeliat dia senyum pake bibir kebanjiran gitu. Sampai saat ini saya belum bisa terima cowok pake kosmetik atau berdandan kayak cewek!
Sadar atau tidak, memang guru bukanlah cuma pemindah ilmu pengetahuan, guru adalah pendidik suka atau tidak suka, bisa atau tidak bisa. Itulah yang bisa saya simpulkan dari seorang guru. Beliau guru Ipa SD, yang aslinya memang dari jurusan biologi maka harusnya dia lebih jago dong dari saya, hingga suatu hari beliau curhat: gimana ya bu menjelaskan reproduksi buat anak-anak SD? saya suka risih.. lalu beliau mulai cerita tentang tingkah laku anak didiknya, yang pendiam malah puber duluan, yang suka ke warnet, yang sering banget terpapar pornografi minimal softporn-lah, yang lebih ngehh pada lawan jenis daripada anak2 dulu katanya (membandingkan dengan masa kami masih anak2).
 

No comments:

Post a Comment