Jun 2, 2014

Bocah 10 Tahun Menemukan Molekul Baru di Kelas IPA


Clara, bocah penemu tetranitratoxycarbon-molekul baru dan eksplosif.


Professor Robert Zoellner memegang model  tetranitratoxycarbon. Dia menulis bersama bocah 10 tahun-Clara Lazen pada makalah tentang molekul baru.
Clara Lazen adalah penemu tetranitratoxycarbon, molekul yang terdiri dari oksigen, nitrogen, dan karbon. Molekul ini punya beberapa kemungkinan sifat menarik, mulai dari penggunaan sebagai bahan peledak untuk penyimpanan energi. Lazen terdaftar sebagai co-author makalah baru pada molekul. Tapi bukan itu yang begitu menarik dan inspiratif dari kisah ini. Yang sangat luar biasa di sini adalah bahwa Clara Lazen adalah seorang siswa kelas lima, sepuluh tahun di Kansas City, MO.
Kenneth Boehr, guru IPA Clara, membagikan model ball and stick yang biasa digunakan untuk memvisualisasikan molekul sederhana untuk kelas lima nya. Tapi Clara menempatkan karbon, nitrogen, dan oksigen atom bersama-sama dengan begitu kompleks dan bertanya  pada Boehr apakah dia telah membuat molekul nyata. Boehr, yang terkejut, tidak yakin. Jadi dia foto model itu dan mengirimkannya ke seorang teman yang ahli kimia di Humboldt State University yang mengidentifikasi sebagai bahan kimia yang sepenuhnya baru, tetapi juga sepenuhnya layak.
Bahan kimia ini memiliki rumus yang sama seperti yang lain dalam database HSU, tetapi atom-atom disusun berbeda, sehingga memenuhi syarat sebagai molekul yang unik. Molekul ini tidak ada di alam, sehingga harus disintesis di laboratorium, yang membutuhkan waktu dan usaha. Jadi teman Boehr, Robert Zoellner, menulis makalah tentang itu sebagai gantinya, yang akan diterbitkan dalam Kimia Komputasi dan Teoritis. Terdaftar sebagai co-author: Clara Lazen.
Boehr mengatakan penemuan dan publikasi telah menambah minat baru dalam ilmu dan kimia di sekolahnya - dan Clara tampaknya sangat senang, mengatakan dia sekarang jauh lebih tertarik pada  biologi dan kedokteran.

No comments:

Post a Comment