Aug 30, 2014

Pengaruh Ikan dan Suplemen Terhadap Kemampuan Kognitif Otak



Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa ikan mungkin bukan makanan peningkat otak seperti yang kita pikirkan.

Banyak ikan yang kaya asam lemak omega-3, yang dikenal untuk melawan peradangan dan meningkatkan kinerja neuron kita. Tetapi ketika para peneliti secara retrospektif mengevaluasi kesehatan kognitif wanita pasca-menopause dengan asam lemak docosahexaenoic (DHA) dan asam eicosapentaenoic (EPA) tinggi dalam sel darah merah mereka, mereka tidak melihat ada perbedaan antara wanita dengan tingkat DHA dan EPA tinggi dan dengan yang rendah. Perubahan juga tidak muncul enam tahun kemudian.
Namun, sebuah laporan dari Penelitian menunjukkan beberapa kelemahan kritis dalam desain. Kadar asam lemak perempuan hanya diukur pada awal penelitian. Mungkin sesuatu berubah saat rentang penelitian. Penelitian juga tidak mengevaluasi bagaimana perempuan mendapatkan asam lemak mereka - yaitu, melalui suplemen atau sumber-sumber alam. Seperti yang selalu terjadi, penelitian lebih lanjut diperlukan.

Study: Omega-3 fatty acids and domain-specific cognitive aging. Neurology. 2013.

Banyak orang berpikir ikan sebagai makanan otak. Banyak jenis ikan –seperti  salmon, sarden, tuna- mengandung kadar asam lemak omega - 3 tinggi, kelas lemak tak jenuh, yang telah terbukti untuk melawan peradangan dan meningkatkan fungsi neuron kita .
Jadi, mengapa bahwa sebuah penelitian baru dari wanita yang lebih tua diterbitkan dalam jurnal Neurology menemukan bahwa omega-3 tidak bermanfaat terhadap kemampuan berpikir atau membantu menangkis penurunan kognitif?
Nah , itu tidak jelas . Satu kemungkinan bisa jadi pada desain penelitian. Para perempuan yang terdaftar dalam penelitian itu memiliki tes darah yang diambil - hanya satu kali - pada awal penelitian untuk mengukur jumlah omega-3. Kemudian mereka diberi tes setiap tahun, selama sekitar enam tahun, untuk menguji pemikiran mereka dan daya ingat.
Para peneliti tidak menemukan perbedaan dalam penurunan ketajaman otak antara perempuan yang memiliki tingkat omega-3 tinggi dalam darah mereka dibandingkan dengan mereka dengan tingkat omega-3 rendah.
Jadi mengapa temuannya negatif ? Nah, para peneliti tidak tahu apa kebiasaan makan perempuan itu sebelum atau setelah penelitian - atau bagaimana kebiasaan mereka mungkin telah berubah selama penelitian .
Jadi , misalnya, jika perempuan mengkonsumsi ikan atau suplemen berubah setelah waktu tes darah pertama, penelitian ini tidak memperhatikannya. Itu salah satu penjelasan.
 Ada juga kemungkinan bahwa penelitian ini tidak dilakukan untuk jangka waktu yang cukup lama, atau usia para wanita tersebut membuatnya sulit untuk mengetahui potensi manfaat jangka panjang.
Kemungkinan lain? Mungkin asupan omega-3 yang tetap tidak benar-benar mengarah pada manfaat yang terukur dalam menghambat penurunan kognitif.
Satu catatan lain tentang desain penelitian: tidak melacak bagaimana peserta mendapatkan omega-3 - apakah itu melalui makanan atau melalui suplemen minyak ikan.
Sebagai peneliti Eric Amman, dari University of Iowa, menunjukkan dalam email, "sebagian besar percobaan acak dari omega-3 suplemen belum menemukan efek pada fungsi kognitif."
Dia mengutip meta-analisis ini, yang menyimpulkan bahwa mengambil omega-3 suplemen tampaknya tidak membantu kesehatan orang tua menghambat penurunan kognitif.
Jadi, hal ini menimbulkan pertanyaan: Jika Anda makan ikan, daripada mengkonsumsi suplemen minyak ikan, apakah lebih cenderung menjadi bermanfaat? Ada lebih dari sebuah perkiraan bahwa ini memang terjadi.
Sebagai contoh, sebuah penelitian dari para lansia (65 tahun atau lebih) yang terdaftar di Proyek Kesehatan dan Penuaan Chicago menemukan bahwa orang yang makan dua atau lebih porsi ikan per minggu memiliki tingkat penurunan kognitif lebih lambat - sekitar 13 persen lebih lambat - dibandingkan dengan mereka yang makan ikan kurang dari sekali seminggu. 

"Ketika Anda makan ikan, ada nutrisi lain seperti vitamin E atau vitamin D" bahwa Anda mendapatkan pada saat yang sama, kata peneliti Rosebud Roberts dari Mayo Clinic. Dengan kata lain, itu adalah seluruh makanan, sebagai sebuah paket, yang mungkin bermanfaat.
Dan ini tampaknya menjadi gambaran umum yang muncul dalam kesehatan manusia: mendapatkan nutrisi dan lemak sehat dari makanan yang kita makan sebagai bagian dari diet yang sehat, bukan dari suplemen, mungkin cara yang harus diambil.
Bahkan, ada semakin banyak bukti, sebagaimana digariskan oleh Paul Offit, bahwa tubuh kita tidak mendapat manfaat dengan mengkonsumsi rejimen vitamin atau suplemen harian.

No comments:

Post a Comment